Louis Tomlinson - One Direction -->

Jumat, 10 Agustus 2012

Istilah-istilah dalam Dunia Internet

Hyperlink adalah bagian dari webpage yang menghubungkan user ke file lain, menyediakan seamless link (hubungan) ke file-file pada komputer lain.

SPAM adalah unsolicitied email (email yang tidak diminta), merupakan email yang datang dari seseorang yang tidak kita ketahui yang dikirim ke banyak orang, secara berkala, yang isinya berupa sebuah pemberitahuan atau ajakan.

Carder adalah pemegang kartu kredit yang digunakan secara ilegal dengan maksud untuk melakukan berbagai kegiatan yang salah.

Domain adalah pengelompokan/pembagian dari penamaan untuk masing-masing arti atau tujuan, misalnya untuk komersial, organisasi, sekolah, dll.

Website/situs dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

Gopher adalah aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, hanya sebatas teks saja.

Attachment adalah fasilitas yang disediakan pada suatu website atau email untuk dapat mengirimkan dokumen baik berupa gambar, data, musik, dan dokumen lainnya yang selanjutnya akan diupload ke internet.

Download adalah mengambil data atau file dari komputer server.
Upload adalah mengirim data atau file ke komputer server.

Web page (halaman web) adalah sekelompok data yang tampil di World Wide Web, informasi dapat dimunculkan dengan menyebutkan alamatnya yang dikenal dengan istilah URL (Uniform Resource Locator).

Cyber Crime adalah tindak kriminal yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer sebagai alat kejahatan utama.

Hacker adalah seseorang atau sekelompok orang yang mempelajari, menganalisa, dan selanjutnya bila menginginkan bisa membuat, memodifikasi, atau bahkan mengeksploitasi sistem yang terdapat di sebuah perangkat komputer.

Sign in/Sign Out : untuk mengakses/keluar dari halaman tertentu dalam suatu domain jaringan.
Log in/Log Out : untuk mengakses penuh keseluruhan halaman suatu domain jaringan.

Portal adlah integrasi dari internet dan sistem informasi eksekutif menjadi solusi yang efektif dan efisien sehingga dapat menjembatani berbagai sistem berbeda, format aplikasi yang tidak sama.

Host adalah komputer dengan antar muka jaringan yang dikonfigurasi TCP/IP.

Web Browser adalah suatu program yang digunakan untuk menjelajahi dunia internet atau untuk mencari informasi tentang suatu halaman web yang tersimpan di komputer.

Cracker adalah sebutan untuk orang yang mencari kelemahan sistem dan memasukinya untuk kepentingan pribadi dan mencari keuntungan dari sistem yang dimasuki seperti : pencurian data, penghapusan, dll.

Downstream adalah kecepatan aliran data dari komputer lain ke komputer lokal melalui sebuah network.

Account adalah username dan password yang diperlukan untuk dapat mengakses fasilitas internet dan yang lainnya.

ICP digunakan untuk pertukaran data tentang suatu URL dengan cache-cache lainnya.

Intermedia adalah beberapa media-media yang dapat dioperasikan bersamaan dengan pengguna lain secara langsung di dalam sebuah website.

Spider adalah aplikasi yang mengindex, mengambil data sebuah web, membawa dan menyimpannya di database pusat.

Domain Name adalah Nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server dijaringan komputer ataupun internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Carrot mobile casino